5 Aplikasi Android Terbaik untuk Bantu Pelajar Belajar dengan Optimal

Posted on

Banyak yang mengatakan bahwa pelajaran anak sekolahan saat ini semakin sulit. Soal-soal yang dulunya untuk tingkat SMP, sudah diberikan di awal tingkat SD. Satu hal ini cukup sering dikeluhkan oleh pelajar dan orang tuanya. Apakah kamu juga berpikir serupa?

Jika ya, kamu perlu tahu bahwa bersamaan dengan masalah juga ada solusi. Contohnya jutaan aplikasi Android yang dikhususkan untuk pelajar. Beberapa di antaranya bahkan bisa diunduh gratis dan hanya membutuhkan paket internet. Ya, media untuk belajar dan mendapatkan ilmu saat ini jauh lebih mudah, dibanding dahulu. Untuk itu, ketika mata pelajaran makin sulit, jadikanlah tantangan yang menyenangkan.

Kamu, para pelajar yang ada di era masa kini memiliki banyak sekali pilihan media pembelajaran. Bila bingung, coba simak ulasan di bawah ini. Ada 5 aplikasi Android terbaik untuk pelajar bisa belajar secara optimal. Antara lain :

Sumber gambar: Descopera.ro

Pecahkan Hitungan Sulit dengan Photomath

Ingin mahir matematika, tapi selalu kesulitan saat mengerjakan soal-soal hitungan yang rumit. Solusinya bisa dengan mengunduh aplikasi Photomath. Aplikasi berupa kalkulator digital yang akan sangat membantumu. Kok bisa?

Tugas kamu hanya memotret soal yang sulit dengan Photomath. Lalu secara otomatis aplikasi akan memberikan jawaban lengkap dengan penjelasannya. Aplikasi ini bisa mengitung pecahan, angka desimal, akar, persamaan atau pertidaksamaan linier, kuadrat, turunan, hingga integral.

Menariknya, Photomath juga dilengkapi teknologi canggih untuk bisa mengenali tulisan tangan. Jadi tunggu apalagi? Segera unduh aplikasinya di Google Play Store. Sebelum itu pastikan kamu memiliki cukup kuota atau pulsa ya…

Mudahnya Belajar Bahasa Inggris dengan Duolingo

Sebagian pelajar menjadikan bahasa Inggris sebagai momok yang menakutkan. Sudah ikut kursus sana-sini, namun tetap saja kesulitan menguasai bahasa Inggris. Jika ini masalahmu, sudah coba aplikasi Duolingo belum?

Salah satu aplikasi terbaik asli Indonesia yang menjadikan bahasa Inggris lebih mudah dipelajari dan dikuasai. Duolingo mengajakmu belajar sambil bermain, karena ada kuis, tebak-tebakan, gambar, dan sebagainya. Listening, grammar, dan speaking-mu bisa jadi lebih baik, bila rutin belajar dengan Duolingo.

Banyak orang yang sudah membuktikan manfaat Duolingo dalam memperbaiki kemampuan berbahasa Inggris. Jika kamu ragu, coba unduh aplikasi ini terlebih dahulu. Bila kebetulan kuota sedang habis, manfaatkan gerai online Traveloka.com. Gerai isi ulang untuk semua operator di Indonesia, termasuk pembelian pulsa Tri.

Ruang Guru Bantu Pelajar Cepat Menyelesaian PR

Sesuai namanya, aplikasi buatan anak Indonesia iniĀ  memiliki kemampuan menghubungan siswa dengan guru. Kamu bisa bertanya mata pelajaran apa saja yang dianggap sulit, seperti fisika, matematika, dan sebagainya di sini. Materi yang tersedia mulai dari peajaran SD hingga SMA.

Bagaimana caranya? Kamu perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah itu, manfaatkan media chatting atau video call untuk belajar langsung dengan para guru yang handal. Pekerjaan Rumah atau PR jadi lebih cepat selesai, karena para guru di Ruang Guru membantu menemukan solusi dari soal-soal yang rumit.

Terjemahkan Berbagai Bahasa Menggunakan Google Translate

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi ini karena sudah sangat populer di Indonesia. Aplikasi besutan Google untuk membantu menerjemahkan berbagai bahasa dari seluruh dunia secara gratis. Aplikasinya ringan, penggunaannya mudah, dan hasilnya cepat.

Sebenarnya kamu bisa menggunakan Google Translate via browser langsung. Namun, bila ingin lebih praktis dan menyenangkan, unduh aplikasi ini di smartphone, untuk membantumu menerjamahkan beragam bahasa saat belajar. Memilikinya gratis dan hanya butuh jaringan internet cepat, untuk bisa digunakan dengan maksimal.

Saat ini hampir semua operator di Indonesia menawarkan internet cepat dan murah. Jadi, tak perlu khawatir soal jaringan. Kamu hanya perlu memilih operator yang benar-benar murah dan pas di kantong pelajar, seperti operator Tri (3). Kartu perdana, paket kuota dan pulsa Tri sudah terkenal murah dan cepat di kalangan masyarakat Tanah Air.

Cara Menyenangkan Belajar dengan Brainly

Daya tarik aplikasi ini ialah cara kerjanya yang seperti sosial media Keunikannya, Brainly hanya fokus pada tanya jawab soal-soal yang masuk dalam mata pelajaran sekolah. Aplikasi yang menjadikan aktivitas belajar lebih seru, menyenangkan, dan pastinya cepat selesai.

Sudah ada lebih dari 60 juta pengguna aplikasi ini. Jadi, pertanyaan sulit dari soal yang kamu kerjakan akan lebih cepat terjawab. Kamu pun bisa membantu orang lain yang sedang kesulitan memecahkan soal. Jika jawabannya sesuai, kamu yang membantu akan diberi reward berupa poin. Jika ingin tahu lebih detail cara kerja aplikasi unggulan ini bisa browsing di internet atau langsung unduh di Google Play Store.

Demikian, 5 aplikasi terbaik yang akan sangat bermanfaat bila kamu miliki di gadget kesayangan. Kamu bisa memilih salah satu, beberapa, atau kelima aplikasi di atas untuk belajar dengan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *