Takut Ketinggian tapi Suka Travelling ke Jepang? Ini Cara Mengatasinya

Posted on

Banyak orang yang takut dengan ketinggian. Berawal dari sejak kecil atau fobia. Sekarang justru berbagai tempat termasuk di Jepang banyak menawarkan wisata di tempat tinggi. Sangat sayang jika Anda membuang kesempatan hanya karena merasa ketakutan. Untuk menikmati wisata ini dengan aman, pastikan Anda sudah memiliki asuransi travel. Selain itu, Anda juga perlu tahu cara mengatasi ketakutan akan ketinggian

  1. Niat Besar Untuk Berubah

Semua usaha apapun yang akan Anda lakukan harus berawal dari niat. Tanpa tekad dan niat yang kuat, Anda mustahil bisa merubah segalanya. Tentu dengan begitu Anda bisa melupakan ketakutan secara perlahan. Menyenangkan apabila bisa menikmti kota Jepang dari atas ketinggian dengan tenang tanpa rasa takut.

  1. Berlatih dengan Diri Sendiri

Setelah niat, latihan perlu dilakukan untuk membiasakan. Anda bisa karena biasa. Ketakutan tidak akan muncul apabila biasa dilakukan. Melawan diri sendiri tentu berat. Anda bisa mempersiapkan mental yang kuat untuk berlatih melawan ketakutan akan ketinggian. Latihan bisa dengan membiasakan ke gedung tinggi atau melihat dari tempat tinggi.

  1. Meminta Bantuan Psikologi

Semangat dari diri Anda bisa juga didukung dari para ahli. Ahli psikologi bisa membantu Anda membentuk karakter ketakutan menjadi hal yang biasa. Waktu yang digunakan mungkin lama, tapi dengan dukungan dari psikolog, biasanya Anda akan lebih terarah untuk melakukan hal sesuai anjuran ahli.

  1. Bergabung dengan Komunitas Terkait Masalah Ketakutan

Komunitas memiliki relasi kuat dengan sesama orang yang memiliki tujuan sama. Dengan bergabung dengan komunitas, Anda bisa berkonsultasi dan meminta masukan ke orang-orang yang mengalami hal yang sama. Masukan dan anjuran dari orang dengan pengalaman yang sama biasanya lebih mudah dipahami dan diingat.

  1. Konsultasi ke Ahli Medis

Ketakutan yang Anda rasakan perlu ditinjau secara mendalam. Baik dari sisi psikologi maupun kesehatan. Bisa jadi ketakutan Anda bersumber dari sumber penyakit yang ada pada tubuh Anda. Anda bisa berkonsultasi ke ahli medis tentang kesehatan dan menjaga tubuh tetap fit.

  1. Melakukan Relaksasi

Kegiatan ini bertujuan untuk fokus pada wujud sisi spiritual diri Anda seperti yoga dan meditasi. Hal sederhana ini bisa Anda lakukan mulai dari melatih pernapasan lalu membayangkan ketakutan Anda. Relaksasi yang terbentuk akan membuat emosi yang ada pada diri Anda menjadi stabil sehingga mudah terhubung satu dengan lainnya.

  1. Mengurangi Asupan Kafein

Pada tahap ini Anda bisa mengurangi mengkonsumsi kafein. Konsumsi kafein bisa menjadi faktor Anda penyebab kecemasan terkait dengan ketakutan. Membatasi dan mengurangi kafein bisa membantu menghilangkan gejala. Tanpa kafein bisa membuat diri Anda tidak terlalu tegang dan lebih tenang. Memudahkan Anda mengatasi rasa takut.

  1. Menghadapi Sumber Ketakutan Anda Secara Bertahap

Tahap terakhir adalah mencoba menghadapinya. Tanpa uji coba, Anda tidak akan tahu perkembangan pemulihan ketakutan Anda sampai sejauh mana. Banyak destinasi di Jepang seperti Tokyo Tower yang berada di ketinggian. Anda bisa mulai datang ke sana dan pelan-pelan menghadapi ketakutan. Jangan terlalu dipaksakan, lakukan secara rutin dah bertahap.

Memiliki fobia memang bukan keinginan siapa pun. Ketakutan ada obatnya ada pada diri sendiri. Semakin kuat keinginan kita untuk berubah, semakin besar kita akan berubah. Asuransi travel menjawab ketakutan Anda saat ingin travel ke Jepang. Semua kembali ke diri Anda yang ingin pergi berlibur ke Jepang tanpa takut akan ketinggian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *